Ahad, 1 November 2020

3 Cara Mudah untuk Membuat Rambut Tetap Sehat

Selalu mengikuti trend gaya rambut memang perlu dilakukan untuk menjaga penampilan. Tetapi, kadang mengikuti trend artinya rambut akan mengalami proses pewarnaan, blow dry, bleaching, atau smoothing. Tentunya semua proses ini menggunakan bahan kimia seperti pewarna rambut, atau menggunakan suhu tinggi misalnya penataan rambut dengan hair dryer atau catok. 

 


 

Hal ini akan dapat membuat rambut kehilangan kelembaban alaminya. Hasilnya rambut dapat menjadi kering, kaku, atau pecah-pecah. Untuk mengatasinya, Anda perlu merawat rambut agar tetap sehat. Simak 3 cara mudah untuk membuat rambut tetap sehat berikut ini.

 

1. Mencuci rambut dengan teratur

Mencuci rambut secara teratur penting untuk membuat rambut dan kulit kepala bebas dari kotoran dan minyak berlebih. Minyak dan kotoran pada rambut dapat menyebabkan masalah pada kulit kepala seperti ketombe. 


 

Tetapi, sebaiknya jangan terlalu sering juga mencuci rambut, karena dapat membuat rambut menjadi lebih kering. Untuk Anda yang memiliki rambut kering, sebaiknya mencuci rambut dilakukan dua kali dalam seminggu. 

 

Baca: 10 Moisturizer Untuk Kulit Kombinasi

 


 

Namun bagi Anda yang memiliki rambut yang berminyak, mencuci rambut dapat dilakukan lebih sering, misalnya tiga kali seminggu dan setelah berolahraga.

 

Saat mencuci rambut, pastikan Anda menggunakan jenis shampo yang tepat untuk rambut Anda. Sesuaikan sampo yang Anda pakai dengan kondisi atau masalah rambut Anda. Misalnya sampo dengan ekstra kelembaban untuk rambut kering, sampo untuk rambut berketombe, untuk rambut rontok, dan sebagainya. 


Setelah mencuci rambut, biasanya rambut akan lebih mudah patah dan rontok. Karena itu gunakan sisir yang bergigi renggang atau jarang untuk merapikan rambut setelah keramas.

 


 

Setelah mencuci rambut usahakan untuk mengeringkan rambut tanpa pemanasan. Anda dapat mengeringkan rambut dengan handuk hingga setengah kering lalu membiarkannya hingga kering. Gunakan hair dryer untuk mengeringkan rambut hanya saat diperlukan. Jika Anda mencuci rambut di malam hari, hindari tidur dalam kondisi rambut basah.



2. Memakai Kondisioner

Fungsi kondisioner pada rambut tidak hanya untuk membuat rambut lebih lembut dan lebih mudah diatur, tetapi juga untuk melindungi rambut dari efek polusi dan pemanasan. Kondisioner rambut mengandung bahan pelembut yang dapat membuat rambut lebih berkilau dan memudahkan penataan rambut. Sebaiknya pilihlah kondisioner yang terpisah dari shampo. 

 


 

Meluangkan dua menit setelah mencuci rambut untuk memakai kondisioner akan membuat rambut Anda lebih sehat dan lembut. Apalagi untuk Anda yang memiliki rambut yang diwarnai, atau yang menggunakan hair dryer atau catok rambut setiap hari. Memakai kondisioner setelah mencuci rambut adalah suatu keharusan. Jika tidak, rambut dapat menjadi kering dan rusak.


Saat memakai kondisioner, pastikan hanya mengoleskan secara merata hanya pada rambut hingga ujungnya, dan tidak pada kulit kepala. Diamkan selama 1 hingga 2 menit, lalu bilas hingga benar-benar bersih.


3. Memakai minyak alami

Salah satu cara mudah untuk merawat rambut adalah dengan menggunakan minyak alami untuk melembabkan rambut dan menjaga kesehatan kulit kepala. Minyak alami biasanya digunakan sebelum mencuci rambut. 


Memakai minyak alami disertai dengan pemijatan di kulit kepala akan melancarkan peredaran darah di kulit kepala, membuat otot menjadi lebih rileks, dan membuat rambut lebih lembut dan sehat berkilau.

 


 

Bagi yang Anda memiliki rambut yang diwarnai, memakai minyak alami sebelum keramas tidak akan merusak warna cat rambut Anda, justru akan melindungi rambut dari kekeringan dan kerusakan yang dapat ditimbulkan oleh cat rambut. Minyak alami juga dapat digunakan untuk mengatasi rambut kering, bercabang, ketombe, hingga rambut rontok.


Minyak yang baik digunakan untuk rambut diantaranya adalah minyak kelapa murni, minyak zaitun, minyak almond, atau minyak jarak. Anda juga dapat menambahkan minyak esensial seperti minyak lavender, minyak peppermint, minyak sereh, atau tea tree oil. 

 

 

 

Cara memakai minyak alami untuk rambut adalah dengan menambahkan beberapa tetes minyak esensial ke dalam minyak kelapa atau minyak zaitun, lalu oleskan merata pada rambut dan kulit kepala sambil dipijat. Diamkan 30 menit, lalu cuci.


Itulah 3 hal mudah dan sederhana yang dapat Anda lakukan untuk merawat rambut. Usahakan untuk menghindari bahan kimia berbahaya untuk merawat rambut. Selain mudah, cara di atas juga aman bagi rambut dan tidak memerlukan biaya yang mahal.

Tiada ulasan:

Catat Komen